Tips Menjaga Kesehatan Keluarga

Setiap orang ingin memiliki keluarga yang sehat dan bahagia. Tapi tahukah anda kalau semua itu tidak bisa simsalabim abrakadabra? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semua ini tentunya tidak terlepas dari peran semua anggota keluarga. Nah apa aja sih tips-tips menjaga kesehatan keluarga?

1. Makanan yang bergizi
Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat! Setuju apa setuju bangeeet? Hehe. Oleh karena itu apa yang masuk ke tubuh kita akan mempengaruhi kesehatan kita lahir dan batin. Kok bisa sampe pengaruh ke batin? Yaiyalah, kalo makanan kita ga sehat, badan ikut sakit, nah batin juga terganggu karena penyakit. Jadi mikir: duh gabisa anter anak sekolah padahal ada acara pentas seni. Duh gabisa masakin suami padahal dia udah bosen jajan diluar. See???

images (7)

2. Komunikasi yang sehat
Pernah ga marahan sama suami atau anak-anak cuma gara-gara missunderstanding? Pasti pernah ya. Biasanya penyebabnya adalah ketidaksabaran! Yang satu ngomong apa, yang lain nangkep maksudnya lain lagi. Perlu diingat yaa mom, kalo 2 kepala itu beda pemikiran. Mungkin maksudnya sama tapi cara mengungkapkannya yang berbeda. Ada yang terang-terangan, ada yg pake isyarat. Halah. 😂 Nah, kemampuan kita mengenali tiap anggota keluarga itu penting banget untuk menjaga keharmonisan keluarga. Mulai sekarang perhatikan deh gaya komunikasi antar anggota keluarga. ☺

images (8)

3. Aktifitas fisik yang menyenangkan
Siapa yang ga suka olahraga hayooo? 😁 Saya juga bukan tipe orang yang hobi olahraga. Kalo kamu tipe-nya sama kaya saya, carilah aktifitas fisik yang menyenangkan! Misalnya kamu males banget buat jalan sehat, ajak anak-anak dan suami jalan ke Taman Kota. Jalan sehatlah disana. Selain dapet olahraga-nya, kamu juga bisa foto-foto dan jajan cantik! Hehe. Atau aktifitas lainnya yang sekalian bisa membersihkan rumah, contohnya: ngepel! Kalo masih males juga, ajak anak dan suami ke tempat bermain! Lho kok? Iya dong mom, di tempat bermain itu banyak wahana yg melatih kemampuan tubuh kita. Misalnya wahana perahu bebek yang harus di gowes,dan wahana bola putar di kolam, yang semuanya butuh kekuatan otot kaki. Dapet main-nya, dapet olahraga-nya! Pinterrr!

PicsArt_07-23-06.04.42
PicsArt_07-23-06.05.18
PicsArt_07-23-06.08.14
PicsArt_07-23-06.07.41

4. Istirahat yang cukup dan hindari stress
Pikiran kita bisa membawa kita pada kesuksesan atau kehancuran! Kalau kita pintar dalam mengelola stress dan istirahat cukup maka kesehatan kita bisa terjaga dengan baik dan gak gampang tu yang namanya sakit kepala menyerang. Hehe. Tapi kalo manajemen stress kita buruk, apa-apa dibawa perasaan, dipikirin banget, sampe bikin kita sulit istirahat, maka cepat atau lambat penyakit akan berdatangan. Inilah kenapa penting banget untuk bisa cerdas dalam mengelola stress ya!

images (9)

5. Jaga kebersihan tubuh dan tempat tinggal
Ga lucu dong kalo badan udah sehat, suka olahraga, tapi kita-nya jorok? Ingat ya mom, gaya hidup jorok itu mengundang penyakit! Maka untuk mendapat kualitas hidup sehat kita harus selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. Ga sulit lho! Pastikan kita mandi 2x sehari, menjaga kebersihan di dalam dan luar rumah, serta membuang sampah pada tempatnya. Mom juga bisa sesekali mengundang jasa vacum cleaner untuk membersihkan barang-barang yang tidak bisa kita bersihkan sendiri, contohnya sofa dan kasur. Sofa dan kasur yang tidak dibersihkan dengan baik menjadi sarang tungau lho mom! Ga mau kan si kecil jadi gatal-gatal?

PicsArt_07-23-06.04.18
PicsArt_07-23-06.08.47

6. Peliharalah tanaman
Selain berfungsi mempercantik halaman, tanaman juga bermanfaat banget buat menjaga udara kita tetap sejuk dan segar serta menurunkan suhu disekitar rumah. Kalian bisa menanam beberapa jenis tanaman penghasil oksigen yang baik, contohnya Sanseviera trifasciata. Selain bisa ditempatkan diluar rumah, tanaman ini juga cantik ditaruh sebagai pemanis interior rumah dan bermanfaat mengubah CO2 menjadi oksigen lho! Keren kan? Kamu juga bisa gunakan bahan-bahan alami untuk interior rumah karena bisa menyerap panas di dalam rumah.

images (6)

7. Perhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara di dalam rumah
Hal yang ga boleh luput dari perhatian adalah sistem pencahayaan dan sirkulasi udara di dalam rumah karena berpengaruh banget untuk kesehatan penghuninya. Kalau pencahayaan dan sirkulasi udara baik, maka kelembapan udara di dalam rumah akan terjaga. Jadi kalau siang ga perlu lagi nyalain lampu dan AC. Lebih hemat deh bayar listriknya! Jadi kalo bangun rumah, buatlah bukaan yang cukup ya sehingga ga tergantung pada pencahayaan dan sirkulasi udara buatan. Suhu ideal di dalam bangunan, khususnya rumah adalah 24-26 °C dengan kelembaban sekitar 50%-60%. Suhu dan kelembaban yang lebih tinggi atau lebih rendah dari ambang batas tersebut akan mengurangi tingkat kenyamanan rumah untuk dihuni.

images (10)

8. Jaga Kondisi Ekonomi Keluarga
Seorang ayah yang baik hendaknya menjaga kondisi ekonomi keluarga dengan memberikan nafkah sebaik-baiknya bagi anak dan istri. Lalu tugasmu mom untuk merencanakan anggaran dan mengupayakan agar nafkah tersebut cukup untuk semua keperluan keluarga sampai akhir bulan. Lebih baik lagi kalau ada sebagian yg disisihkan untuk tabungan atau simpanan yg bisa digunakan untuk keperluan mendadak yg tidak direncanakan.

images (11)

9. Hubungan yang Sehat antar Anggota Keluarga
Last but not the least, salah satu menjaga kesehatan keluarga adalah dengan memiliki hubungan yang harmonis antar anggota keluarga. Gak hanya tubuh aja yang mesti sehat, tapi jiwa dan pikiran juga! Karena klo pikiran kita terganggu misalnya cemas, takut, atau khawatir berlebih karena masalah keluarga, pasti nantinya akan berdampak pada kesehatan kita juga lho! Makanyaah.. yg harmonis sama keluarga yaah!

images (16)

Sekian tips-tips menjaga kesehatan keluarga ala emaknya Reynand. Kalo ada yang kurang bisa sharing ya! Kalo kalian apa tips andalannya? 😍

#UpdateMBC #TOBPJuli

You may also like

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *