Bantal Mooimom Bantu si Kecil Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

“Aduuh… bayi aku nih susah banget tidurnya, rewel terus sampe dini hari. Jadi kurang tidur deh akunya juga!”

“Kenapa ya anakku bobo-nya kaya ga nyaman gitu? Kasian…”

Pernah ngalamin atau denger curhatan sesama moms yang kaya gitu nggak? Pernah dong pastinya. Sama kaya pengalaman aku pas baru aja melahirkan anak pertamaku, Reynand. Kala itu dia tidur malamnya susaaaah syekali… sampe jam 2 or 3 pagi kadang belum tidur. Nangis histeris gitu lho. Yaudah lah ya Bunda dan Papa-nya gantian gendong sambil ngaji or stel hafiz junior. Sempet cerita ke ortu tapi ya gitu jawabannya, kalo kata orang Sunda mah “geus wayahna” alias “udah waktunya”. Ya intinya itu sesuatu yang normal dan wajar dialami bayi baru lahir.

Penasaran nggak sih, sebenernya gimana pola tidur bayi baru lahir atau newborn itu? Simak jawabannya berikut ini:

  1. Kurang lebih 6-8 kali tidur
  2. Minum ASI tiap 2-3 jam
  3. Beberapa newborn tidur sepanjang hari s/d usia 6 minggu
  4. Durasi tidur umumnya 1-2 jam setiap kali tidur

Seiring berjalannya waktu, muncul terus tanda tanya di kepala Bunda kenapa Rey kayak gitu susah banget tidurnya dan sering nangis nggak jelas dalam kurun waktu lama. Apalagi hasil googling Bunda menunjukkan harusnya newborn itu tidurnya malah masih panjang asalkan udah kenyang. Dan ketemu lah jawabannya pemirsaaah kenapa dia nggak bisa tidur nyenyak. Rey ternyata mengalami kolik!

Kolik itu gejala dimana bayi kita yang baru lahir bisa nangis histeris berjam-jam sodara sodara. Makanya pegel, lelah, capek, stress pada Ibu baru melahirkan itu memang mungkin banget terjadi. So dampingi terus istri-istri kalian, jangan pernah ngomong “ah lebay kamu, ikut-ikutan orang lain, kebanyakan baca jadi kaya gitu.” JANGAN PERNAH NGOMONG KAYAK GITU YA, SUAMI-SUAMI di luar sanaaa. Maaf di capslock habis banyak banget suami-suami ngeyel dan nggak paham kondisi psikis istrinya.

Balik lagi ke kolik, kolik ini belum jelas apa penyebabnya. Bayi nangis juga tanpa alasan, bukan karna haus atau pipis atau pup, dan nggak bisa ditenangkan sama sekali. Kolik lambat laun akan menghilang, bisa dalam hitungan minggu atau bulan. Kalo Reynand dulu sampe usia 2 bulanan mau ke 3 bulan baru berkurang nangisnya, dan juga tidurnya mulai lebih panjang malam dibandingkan siang.

Jadi pasti ada alasan yah kenapa bayi kita yang baru lahir tu tidurnya nggak nyenyak. Beberapa alasan diantaranya:

  1. Haus dan lapar
  2. Diapers kotor karena pup atau pipis
  3. Kolik
  4. Tidak nyaman dengan material sekitar

Makanya bayi baru lahir atau newborn itu harus disusui setiap 2-3 jam sekali supaya tidak kehausan dan kelaparan. Kita juga harus secara berkala mengecek diapersnya, apakah sudah kotor atau penuh? Kalo saya pribadi biasanya mengganti diapers setiap 4 jam sekali supaya kulitnya juga nggak iritasi.

dr. Ridha memberi penjelasan Tips pola tidur bayi teratur

Nah, terus gimana sih moms supaya pola tidur bayi teratur? Saya mau membagikan tips dari dr. Ridha Kurnia dari RS Brawijaya HealthCare yang jadi narasumber di acara peluncuran produk baby pillow-nya Mooimom.

Aku kebetulan mendapat undangan dari Mom Blogger Community untuk menghadiri talkshow tersebut pada tanggal 25 April 2019 di Premier Lounge Central, Grand Indonesia. Banyak ilmu yang aku dapatkan saat menghadiri talkshow dengan tema “Membuat Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak Sepanjang Malam”. Diantaranya yaitu Tips agar pola tidur bayi teratur, sebagai berikut:

  1. Kenalkan perbedaan siang dan malam. Jadi saat pagi hari biarkan jendela terbuka agar cahaya masuk ke dalam kamar dan beraktifitas seperti biasa sehingga bayi tau itu siang hari. Sementara kalau malam, redupkan cahaya lampu dan buat suasana tenang. Moms juga bisa memberi lagu pengantar tidur menggunakan alunan musik yang lembut.
  2. Jangan biasakan bayi bermain saat jam tidur, terlebih saat malam hari. Jadi Papa-nya klo pulang kantor dan anak sudah dikamar jangan malah diajak main ya nanti Bunda-nya kesel lho ahhahaha.
  3. Patuhi jadwal tidur. Ini harus diupayakan tapi nggak baku lho moms, karena ada kalanya anak melenceng waktu tidurnya asalkan nggak berbeda jauh gapapa.
  4. Perbanyak aktivitas siang, jadi buatlah bayi banyak beraktifitas dan bermain sehingga mudah tidur saat malam hari.
  5. Mengenal tanda anak sudah mengantuk, misalnya ia mengucek mata atau menguap.
  6. Atur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Ruangan yang sejuk akan membantu bayi tidur dengan nyenyak.
  7. Berikan tempat tidur dan bantal terbaik yang nyaman bagi bayi, terutama dari segi bahan/materialnya.
Mom Reva menceritakan pengalamannya menggunakan Flat-head Prevention Pillow Mooimom bagi buah hatinya

Di acara talkshow tersebut hadir juga seorang aktris cantik yang saat ini sudah menjadi ibu bagi kedua anaknya, ia adalah Mom Revalina S. Temat. Pengalaman mom Reva bisa jadi berbeda sekali dengan moms kebanyakan karena kedua anaknya saat baru lahir tidur terus, malah sulit dibangunkan. Tapi ia tetap berupaya membangunkan si Kecil setiap 2-3 jam sekali untuk diberi ASI. Hal ini baik dilakukan untuk mencegah bayi kaget saat bangun karena kelaparan tidak minum ASI berjam-jam lamanya jika tidak dibangunkan.

Mom Reva juga menceritakan pengalamannya dengan Flat-head Prevention Pillow Mooimom yang ia berikan untuk anaknya yang berusia 3 bulan. Menurutnya bantal Mooimom sangat halus dan lembut bahkan membuat dirinya juga ingin tidur di bantal tersebut.

Mooimom Head Shaping Pillow & Flat-head Prevention Pillow, Solusi Tepat Bayi Tidur Nyenyak

Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya bahwa di acara talkshow tersebut diluncurkan untuk pertama kalinya bantal bayi dari Mooimom. Bantal ini ada 2 macam, yakni Mooimom Head Shaping Pillow & Flat-head Prevention Pillow. Apa sih bedanya?

Mooimom Head Shaping Pillow ini dirancang bagi newborn hingga usia 6 bulan. Bantal ini memiliki lubang di bagian tengah bawah. Sementara Flat-head Prevention Pillow yang memiliki ukuran lebih lebar dapat digunakan hingga si kecil berusia 1 tahun. Tidak memiliki lubang akan tetapi tetap terdapat cekungan untuk mencegah kepala bayi peyang. Bantal yang berukuran lebih besar inipun dilengkapi dengan sarung bantal, sementara bantal yang lebih kecil tanpa sarung bantal.

Kedua bantal ini bersifat anti bakterial dan dibuat menggunakan bahan berkualitas tinggi yakni Bamboo Fiber serta memiliki pori-pori di seluruh permukaan yang membuat sirkulasi udara baik dan tidak membuat bayi kepanasan. Bantal dengan bahan terbaik ini akan kembali ke bentuk semula sehingga sangat pas dipilih untuk menunjang kenyamanan tidur si Kecil.

Head Shaping Pillow Mooimom yang lembut dan nyaman bangeeet… 🙂

Pada kesempatan tersebut saya sempat bertanya mengenai cara pencucian bantal tersebut apabila terkena gumoh. Ternyata cukup di lap dengan kain lembut yang basah lalu diangin-anginkan. Jangan dicuci dengan sabun atau deterjen apalagi pakai mesin cuci ya moms, hehe.

Berapa sih harga bantal bayi ini? Untuk Head Shaping Pillow moms cukup membayar seharga Rp 299.000 saja untuk bisa membawa pulang bantal terbaik bagi bayi moms. Silahkan dibeli di Central Dept. Store Grand Indonesia, Centro atau melalui website Mooimom. Untuk info lebih lanjut moms juga bisa klik Instagram @mooimom.id.

Berikut adalah foto-foto keseruan acara Talkshow Mooimom dengan para peserta dan member Mom Blogger Community yang hadir. Mom Reva even artis juga baik lho moms, nggak sombong dan mau diajak berfoto oleh setiap peserta yang hadir di acara tersebut.

Last but not least, Thanks so much Mooimom sudah menciptakan batal tidur yang nyaman buat bayi-bayi Indonesia! 🙂

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *